about me

Thursday, February 18, 2010

penghargaan

gw terkadang bingung sama pikiran2 gw sendiri

MySpace

terlebih dalam masalah yang melibatkan orang lain,
gini,,

bwt gw, menghargai itu sesuatu yang sangat penting..
ingin dihargai tanpa menghargai itu mimpi!

Kalimat itu pernah gw jadiin status di YM dan berharap orang yg gw tuju ngebaca n sadar dy udah salah sama gw. Kejadiannya gini, gw lagi makan siang sama temen2, biasalah..d sela2 makan kami selalu ngobrol dan becanda. Gw adalah tipe orang yg ga bias diem, berisik dan bawel..jadi gw selalu meramaikan pembicaraan kami..sampai gw ngebaca tulisan d sebuah koran-gw lupa apaan-disana ada tulisan mengenai recycle, gw pun nanya ke temen2 gw “eh, selain recycle, ada reuse trus satu lagi apa y?”. gw nanya dan temen2 gw tetep ngobrol, awalnya gw biasa aj, karena emang udah biasa ky gitu sama mereka. Ampe pas gw nanya lagi (ya iya lah gw nanya, orang belon d jawab), ada temen gw yang ngomong “udah biarin aj dy ngomong sendiri.” Dan disambung sama temen gw yang lain “iya biarin aj, apa c ga jelas”. Huuft, gw tersinggung. Entah kenapa gw marah, gw ngerasa ga dihargain. Emang pertanyaan gw ga penting n gw orang nya suka becanda, tp ga tw kenapa (lagi PMS gitu gw???) kata-kata temen gw itu masuk ke hati n bikin sebel. Akhirnya gw pergi aj dari mereka.
Hehehe,, ky nya ada yang bakal bilang, “apaan c, gitu aj marah”. Haha,, gw terima.. itulah arti penghargaan bwt gw, yang pasti bakal beda bwt orang laen. Maybe I’m a sensitive person..

Dari dulu (dari lahir kali y?) gw selalu berusaha menghargai orang,, sampai gw menjadi orang yang sangat sulit untuk menolak dan berkata “TIDAK”. contoh kecil, mendengarkan orang yg berbicara ke gw dengan meninggalkan pekerjaan gw (melihat ke layar computer-red). Atau, memperhatikan dengan seksama kalo lagi ada orang yang memberi penjelasan dalam rapat atau diskusi (lain soal gw ngerti ato engga sama yg mereka bicarakan..heu..). dan gw akan sedikit terganggu kalo ada orang lain yang ga melakukan itu..padahal gw tw, tiap orang itu berbeda, meeka punya cara masing-masing dan gaya masing-masing dalam mendefinisikan penghargaan.
Sepertinya salah kalo mengharapkan orang akan melakukan hal yang sama seperti kita lakukan, melakukan hal yang kita anggap ideal. Mengharapkan hal itu kejadian Cuma ky pungguk merindukan bulan,, close to imposibble.

Terkadang gw sering feel guilty sama orang laen yang-dalam pikiran gw-gw ga cukup menghargai dy. Contohnya saat ini, gw lagi sendirian d ruangan gw, dan satu orang dari unit sebelah yang bakal ngadain rapat ngajak gw buat gabung kesana (daripada sendirian). Sebenernya, dalam hati gw yang terdalam, gw menikmati kesendirian gw..seneng aj. Tapi disisi lain, gw ga enak nolak ajakannya. Akhirnya gw Cuma bilang “lyat ntar y, kesana ato engga”. Ujung2nya, here I am, d ruangan gw menikmati kesendirian sambil ngerasa bersalah karena gw ngerasa ga menghargai ajakan senior gw td..(bukan menikmati mungkin y,,).

gw pengen tw, apa orang2 lain juga seperti gw?? Yang ngerasa bersalah kalo melakukan hal seperti gw certain diatas?. Karena perasaan bersalah gw, gw mikir apa gw kirim pesen d YM ke senior gw itu ya, minta maap td gw ga memenuhi ajakannya, tapi kalo gw kirim dan ternyata bwt dy itu hal yang ga penting gimana coba. (apaan c s iqy, gini doank pake ngirim2 pesen YM segala.. secara gw belon terlalu mengenal personality senior gw itu.)
Gitu ga siiii,,,hadoooohhhh….pusing sendiri gw…

MySpace

Wednesday, February 17, 2010

copas- Cerita bagus dan dalem.. nice-story-about-pohon-daun-angin

POHON





Orang2 memanggilku “POHON” karena aku sangat baik dalam menggambar pohon. AKU selalu menggunakan gambar pohon pada sisi kanan sebagai trademark pada semua lukisanku.

AKU telah berpacaran sebanyak 5 kali. Ada satu wanita yang sangat AKU cintai. tapi AKU tidak punya keberanian untuk mengatakannya. Dia tidak cantik, tidak memiliki tubuh yang sexy. Dia sangat peduli dengan orang lain, religius tapi dia hanya wanita
biasa saja. AKU menyukainya, sangat menyukainya. Gayanya yang innocent dan apa adanya, kemandiriannya, kepandaiannya dan kekuatannya. Alasan AKU tidak mengajaknya kencan karena AKU merasa dia sangat biasa dan tidak serasi untukku.AKU takut, jika kami bersama semua perasaan yang indah ini akan hilang.

AKU takut kalau gosip2 yang ada akan menyakitinya. AKU merasa dia adalah “sahabatku”. AKU akan memilikinya tiada batasnya.tidak harus memberikan semuanya hanya untuk dia. Alasan yang terakhir membuat dia menemaniku dalam berbagai pergumulan selama 3 tahun ini.

Dia tau AKU mengejar gadis2 lain dan AKU telah membuatnya menangis
selama 3 tahun. Ketika AKU mencium pacarku yang ke-2 terlihat olehnya. Dia hanya tersenyum dengan berwajah merah “lanjutkan saja” katanya, setelah itu pergi meninggalkan kami. Esoknya, matanya bengkak dan merah. AKU sengaja tidak mau memikirkan apa yang menyebabkannya menangis. but AKU tertawa, bercanda dengannya seharian di ruang itu.Di sudut ruang itu dia menangis.Dia tidak tau bahwa AKU kembali untuk mengambil sesuatu yang tertinggal. Hampir 1 jam kulihat dia menangis disana.

Pacarku yang ke-4 tidak menyukainya. Pernah sekali mereka berdua perang dingin, AKU tau bukan sifatnya untuk memulai perang dingin. Tapi AKU masih tetap bersama pacarku.

AKU berteriak padanya dan matanya penuh dengan air mata sedih dan
kaget. AKU tidak memikirkan perasaannya dan pergi meninggalkannya bersama pacarku.

Esoknya masih tertawa dan bercanda denganku seperti tidak ada yang terjadi sebelumnya. AKU tau dia sangat sedih dan kecewa tapi dia tidak tau bahwa sakit hatiku sama buruknya dengan dia. AKU juga sedih.

Ketika AKU putus dengan pacarku yang ke 5, AKU mengajaknya pergi. Setelah kencan satu hari itu, AKU mengatakan bahwa ada sesuatu yang ingin kukatakan padanya. Dia mengatakan bahwa kebetulan sekali bahwa dia juga ingin mengatakan sesuatu padaku. AKU cerita tentang putusnya AKU dengan pacarku. Dia berkata bahwa dia sedang memulai suatu hubungan dengan seseorang. AKU tau pria itu.Dia sering mengejarnya selama ini. Pria yang baik, penuh energi dan menarik. AKU tak bisa memperlihatkan betapa sakit hatiku, AKU hanya tersenyum dan mengucapkan selamat padanya.

Ketika sampai di rumah, sakit hatiku bertambah kuat dan AKU tidak dapat
menahannya. Seperti ada batu yang sangat berat didadaku. AKU tak bisa bernapas dan ingin berteriak namun apa daya. Air mataku mengalir tak terasa aku menangis karenanya.
Sudah sering AKU melihatnya menangis untuk pria yang mengacuhkan kehadirannya. Handphoneku bergetar, ternyata ada SMS masuk. SMS itu dikirim 10 hari
yang lalu ketika aku sedih dan menangis. SMS itu berbunyi,”DAUN terbang karena ANGIN bertiup atau karena POHON tidak memintanya untuk tinggal?”

DAUN




AKU suka mengoleksi daun-daun, kenapa ? Karena AKU merasa bahwa DAUN untuk meninggalkan pohon yang selama ini ditinggali membutuhkan banyak kekuatan.

Selama 3 thn AKU dekat dengan seorang pria, bukan sebagai pacar tapi “Sahabat”. Tapi ketika dia mempunyai pacar untuk yang pertama kalinya. AKU mempelajari sebuah perasaan yang belum pernah aku pelajari sebelumnya – CEMBURU. Perasaan di hati ini tidak bisa digambarkan dengan menggunakan Lemon. Hal itu seperti 100 butir lemon busuk. Mereka hanya bersama selama 2 bulan.

Ketika mereka putus, AKU menyembunyikan perasaan yang luar biasa gembiranya. Tapi sebulan kemudian dia bersama seorang gadis lagi. AKU menyukainya dan AKU tau bahwa dia juga menyukaiku, tapi mengapa dia tidak mau mengatakannya? Jika dia mencintaiku, mengapa dia tidak memulainya dahulu untuk melangkah?

Ketika dia punya pacar baru lagi, hatiku sedih. Waktu berjalan dan berjalan, hatiku sedih dan kecewa. AKU mulai mengira bahwa ini adalah cinta yang bertepuk sebelah tangan. Tapi, mengapa dia memperlakukanku lebih dari sekedar seorang teman? Menyukai seseorang sangat menyusahkan hati. AKU tahu kesukaannya, kebiasaannya. Tapi perasaannya kepadaku tidak pernah bisa diketahui. Kau tidak mengharapkan AKU seorang wanita untuk mengatakannya bukan ? Diluar itu, AKU mau tetap disampingnya, memberinya perhatian, menemani, dan mencintainya. Berharap suatu hari nanti dia akan datang dan mencintaiku. Hal itu seperti menunggu telephonenya tiap malam, mengharapkan mengirimku SMS. AKU tau sesibuk apapun dia, pasti meluangkan waktunya untukku. Karena itu, AKU menunggunya. 3 tahun cukup berat untuk kulalui dan AKU mau menyerah. Kadang AKU berpikir untuk tetap menunggu. Dilema yang menemaniku selama 3 tahun ini.

Akhir tahun ke-3, seorang pria mengejarku, setiap hari dia mengejarku tanpa lelah.
Segala daya upaya telah dilakukan walau seringkali ada penolakan dariku. AKU berpikir, apakah aku ingin memberikan ruang kecil dihatiku untuknya ?!

Dia seperti angin yang hangat dan lembut, mencoba meniup daun untuk
terbang dari pohon. Akhirnya, AKU sadar bahwa AKU tidak ingin memberikan Angin ini ruang yang kecil di hatiku. AKU tau Angin akan membawa pergi Daun yang lusuh jauh dan ketempat yang lebih baik. Akhirnya AKU meninggalkan Pohon, tapi Pohon hanya tersenyum dan tidak memintaku untuk tinggal. AKU sangat sedih memandangnya tersenyum ke arahku.

“DAUN terbang karena ANGIN bertiup atau karena POHON tidak memintanya
untuk tinggal?”

ANGIN




AKU menyukai seorang gadis bernama Daun, karena dia sangat bergantung
pada Pohon. Jadi aku harus menjadi ANGIN yang kuat. Angin akan meniup Daun terbang jauh.

Pertama kalinya, AKU melihat seseorang memperhatikan kami.
Ketika itu, dia selalu duduk disana sendirian atau dengan teman2nya memerhatikan Pohon. Ketika Pohon berbicara dengan gadis2, ada cemburu dimatanya. Ketika Pohon melihat ke arah Daun, ada senyum di matanya. Memperhatikannya menjadi kebiasaanku, seperti daun yang suka melihat Pohon.

Satu hari saja tak kulihat dia, AKU merasa sangat kehilangan. Di sudut ruang itu, kulihat pohon sedang memperhatikan daun. Air mengalir di mata daun ketika Pohon pergi.

Esoknya. Ku lihat Daun di tempatnya yang biasa, sedang memperhatikan
Pohon. AKU melangkah dan tersenyum padanya. Kuambil secarik kertas, kutulis
dan kuberikan padanya. Dia sangat kaget. Dia melihat ke arahku, tersenyum dan menerima kertas dariku.

Esoknya, dia datang menghampiriku dan memberikan kembali kertas
itu. Hati Daun sangat kuat dan Angin tidak bisa meniupnya pergi, hal itu
karena Daun tidak mau meninggalkan Pohon.

AKU melihat kearahnya, kuhampiri dengan kata2 itu. Sangat pelan, dia mulai membuka dirinya dan menerima kehadiranku dan telponku.

AKU tau orang yang dia cintai bukan AKU, tapi AKU akan berusaha agar
suatu hari dia menyukaiku.

Selama 4 bln, AKU telah mengucapkan kata Cinta tidak kurang dari 20x
kepadanya. Hampir tiap kali dia mengalihkan pembicaraan, tapi AKU tidak
menyerah.

Keputusanku bulat, AKU ingin memilikinya, dan berharap dia akan
setuju menjadi pacarku. Aku bertanya,” apa yang kau lakukan? Kenapa kau tidak pernah membalas? Mengapa kau selalu membisu?” Dia berkata, “AKU menengadahkan kepalaku”.

“Ah?” Aku tidak percaya dengan apa yang kudengar. “Aku menengadahkan kepalaku” dia berteriak. Kuletakkan telepon, melompat, berlari seribu
langkah kerumahnya. Dia membuka pintu bagiku. Ku peluk erat-erat tubuhnya.

“DAUN terbang karena tiupan ANGIN atau karena POHON tidak memintanya
untuk tinggal?”

sumber: http://www.untukku.com/artikel-untukku/nice-story-about-pohon-daun-angin-untukku.html
sumber gambar: www.google.com

Tuesday, February 16, 2010

Rebuilding

dulu saya punya blog..
tapi tak saya sentuh-sentuh..
entah dari jaman kapan..

MySpace

hari ini saya punya blog lagi,,
mencoba berkomitmen untuk menulis..
apa saja..




diawali dengan notes saya d FB yang telah saya posting beberapa waktu lalu,
saya memulai blog saya..
bismillah..

Reposting- Life is a wonderfull journey

Huuuft.. kamar kostan gw sangat tenang, tapi hati gw sangat crowded,, seruwet jalanan Bandung diwaktu weekend, yang dipenuhi oleh kendaraan plat B dan selalu bikin gw heran, tiap minggu Bandung gitu-gitu aja, tapi mereka tetep kekeuh dateng n bikin Bandung macet.

MySpace

Gw ga tw sebenernya kenapa ato ada apa dengan diri gw, tapi belakangan sering muncul pikiran-pikiran yang bikin mumet. Trouble seeker, am i?? Terkesan mencari-cari masalah yang seharusnya ga ada..haha..

Memang ga ada yang pernah tau jalan hidup kita akan dibawa kemana oleh takdir. Awal lulus SMA dan mau SPMB, semua keluarga gw berpikir kalo gw akan kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang. Mengikuti jejak om gw sekaligus mewujudkan cita-cita yang gw pertahankan dari TK ampe SMA kelas 2. Setiap ditanya “iqy mu jadi apa?” selalu gw jawab dengan mantap “jadi Dokter Spesialis Anak”. Sekarang?? Gw lulus kuliah dengan gelar S.E. dibelakang nama gw..jaka sembung naek ojek, ga nyambung jek..menyimpang..(bahkan ampe detik gw nulis ini, masi terngiang suara om gw yang ngomong ke temennya “ini ponakan saya, dulu seharusnya dia kuliah di kedokteran, tapi lulus di ekonomi Unpad dan ga mau ngulang SPMB lagi..” i’m so sorry om..ntar anak iqy ada yang bakal jadi dokter anak kaya om,, InsyaAllah..aamiin).

MySpace

Beberapa waktu yang lalu, gw masi terobsesi dengan pikiran gw untuk menaklukan Jakarta dengan bekerja disana, tapi sekarang? Gw “terdampar” di sebuah kantor luas dan besar dan bersih dan sejuk dan damai dan bersahabat di pedalaman Kiara Payung, Jatinangor, Sumedang. Gw jadi orang Bandung.. jadi inget kata-kata di novel “Negeri 5 Menara” yang sangat keren n recomended bwt dibaca, “buat kebanyakan orang Padang (Sumatera Barat-red), Jakarta itu dekat tapi mahal, Jogjakarta itu murah tapi jauh, maka Bandunglah yang menjadi pilihan tepat- murah dan dekat”.

Terkadang masi muncul keinginan untuk melabuhkan kehidupan di ibukota, yang membuat gw membandingkan diri dengan temen-temen gw disana. Sangat tidak bersyukur ya? Manusia memang tidak pernah puas, dan pepatah ‘rumput tetangga selalu lebih hijau’ mungkin ada benarnya. Kenapa? Karena disaat gw memimpikan untuk mencari kelanjutan masa depan d Jakarta seperti kebanyakan temen, mereka malah menginginkan untuk tetap tinggal d Bandung seperti gw.. “enak qy, lo ga ngerasain ruwetnya Jakarta, ga ngerasain tekanan kerja disana, yang bisa bikin lo keliatan lebih tua dari usia lo sebenernya..”. See?? Itulah manusia..ga pernah puas.. so, sekarang gw mulai mencoba menikmati kerjaan gw, dimana gw kaya bikin skripsi tiap hari, secara tujuan gw adalah jadi peneliti..(terkesan gaya..hahaha) di kantor gw tercinta, dikelilingi orang-orang yang selalu menguatkan satu sama lain. Disana gw selalu berbagi ilmu, berbagi kepusingan, berbagi tugas, berbagi pengalaman, berbagi keceriaan, berbagi kekuatan, berbagi semuanya.. Jangan kira gw udah ngantor disana berpuluh tahun,, gw baru dalam masa orientasi dan minggu depan adalah minggu keempat gw. Tapi karena temen-temen gw yang amazing itu, gw berasa udah lama disana, dan sangat berharap gw betah..(harus betah,, secara gw adalah CPNS,,hehehe..). Ga pernah kebayang gw jadi CPNS, karena dulu, otak gw dengan daya tampung seadanya ini cuma tw kalo PNS = Guru..hehehe,, Gw dulu selalu terobsesi dengan perusahaan swasta terutama di bidang perminyakan ato pertambangan, that’s why gw ngambil skripsi di bidang Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, tapi bukan menjadi alasan kenapa gw punya "temen" anak tambang..ehehe..(thats a gift). Gw sangat terobsesi dengan Chevron, Total, Exxon dan berbagai perusahaan tambang ato minyak lainnya, entah kenapa.. mungkin Allah ngasi gantinya bwt gw berupa pasangan yang kerja di bidang itu..hihihi.. (Aamiin...moga dia adalah pasangan terakhir gw dunia akhirat..ngarep mode:on).

MySpace

Itu pikiran pertama dalam otak gw, sekaligus hidup gw sekarang, harus gw syukuri pastinya. Namun pernahkah muncul pikiran kalo masa lalu terkadang tampak lebih indah? Membuat kita sangat ingin kembali kemasa lalu,,(just dont be a denial girl,,). Hal ini pernah muncul dalam pikiran seadanya gw, dan jawabannya gw dapet dari dua orang kakak gw. Satu kakak gw itu bilang “mungkin karena makin hari, kita makin dewasa, dan otomatis tanggung jawab yang mengikuti pendewasaan itu pasti semakin besar dan berat.. dan itulah mengapa kita merasa masa lalu menjadi lebih indah, ga ada beban apa-apa, apalagi ketika dulu kita masih dikelilingi oleh teman-teman yang sekarang sudah disibukkan dengan urusan dan masalah mereka masing-masing yang pastinya juga makin berat. People change,, and so do life.. satu lagi kakak gw bilang “hidup jangan selalu liat masa lalu qy, tu Cuma bikin hidup kita mandek, ga maju-maju.. hidup yang selalu ngeliat masa lalu ga akan pernah tau betapa indahnya masa depan,, how wonderfull our future..”. kalimat itu membuat gw tegak ampe sekarang, membuat gw melupakan masa lalu diringi keinginan untuk mengetahui keindahan masa depan gw. Life is so damn complicated, so damn curious.. gw selalu penasaran seperti apa kehidupan gw nantinya, siapa pasangan gw (semoga dia..haha), gimana kerjaan gw, gimana keluarga gw, anak-anak gw..hooo..its make me so excited buat ngejalanin hidup, karena akan selalu ada kejutan-kejutan menanti. Ini pikiran kedua gw..


Pikiran ketiga yang hadir dalam otak biasa gw adalah pikiran yang menurut seorang teman merupakan pikiran cewe banget. Pikiran tentang proyek masa depan gw. Gw memang ga pernah tw siapa yang nantinya bakal nemenin hidup gw, seperti yang pernah gw bikin d status “jodoh memang di tangan Tuhan, tapi kalo ga kita ambil, dia akan terus berada di tangan Tuhan”, tapi setidaknya ada jalan dan usaha ke arah sana kan? Begitu tw gw dapet kerjaan, temen-temen ibu gw pada nanya, “kapan dong qy, ibu punya mantu?”. Say WHAAAAAT???? Punya mantu?? Ampuuunnnn,, gw kerja aja belon mulai udah ditanya soal beginian, ‘ibu..saya masih dibawah umur..’ tapi semua beralasan “kuliah udah beres, kerjaan udah dapet, kamu mau nyari apa lagi qy?”. Hhuuuft,, beban semakin beraaaaat temaaaan...hahaha..being twentysomething is hard.. gw ga bohong kalo gw sangat penasaran dan ingin tw siapa pendamping gw nanti, sebuah perasaan yang wajar kan ya? Sekarang gw lagi ‘menjalani hubungan’ (bahasa gw,,ampuun) sama seorang kakak kelas gw d SMA. Berarti sejauh ini dialah yang gw kira bakal nemenin hidup gw nantinya. Hahaha,, terkadang pikiran supaya waktu cepat berlalu muncul di otak gw sesering pikiran ingin mengulang masa lalu muncul, supaya gw segera tw seperti apa kehidupan gw nantinya..kacau ya gw??

Sekarang gw berusaha meredam pikiran-pikiran aneh dalam otak gw, karena gw ga punya mesin waktu dan ga punya temen secanggih doraemon yang bisa mewujudkannya. Gw akan menikmati prosesnya, menikmati setiap detik dalam jalan hidup gw, berusaha ngasi yang terbaik buat orang-orang disekitar gw. Gw percaya, Tuhan akan ngasi kita kehidupan sesuai dengan usaha dan doa kita. Keyakinan itu yang membuat gw akan terus berusaha meningkatkan kualitas diri gw, buat dapet nilai bagus, harus belajar keras kan?. Sekarang gw menikmati hidup gw bersama keluarga, temen-temen kostan, temen-temen kampus, temen-temen SMA, temen-temen kantor, dan temen-temen gw lainnya dimanapun berada,, gw emang supel, jadi banyak temennya..heheheehe..oh iya, dan dia tentunya, temen yang gw rencanain jadi temen hidup gw..(aamiin lagiiiii).


Makasi buat mama, yang selalu memberi kebebasan bwt iqy dalam ngejalanin hari-hari qy. InsyaAllah qy ga akan macem-macem ma, kebebasan ini bertanggung jawab kok, iqy akan bikin mama bangga.
Makasi buat temen-temen semua SMA q, yang selalu bikin iqy ketawa, hal gila apa sih yang ga bisa kita lakuin kalo lagi sama-sama?? Betul?? Kalian benar-benar sahabat, yang ga Cuma ada waktu seneng, tapi bisa diandalkan diwaktu sedih.
Makasi buat 12-an ESP 05 Unpad, iqy banyak belajar dari kalian. Kalian teman-teman yang mengagumkan.
Makasi buat temen-temen tepatnya abang-abang di bandung. I have a great time with u all..salah satu alasan kenapa iqy ingin balik ke masa lalu, awal ampe pertengahan tahun 2009, menikmati lagi waktu kebersamaan kita..
Makasi buat mygreatmanalways. Orang yang udah ngasi apapun buat iqy. Kalimat “apa si yang engga buat iqy?” kayanya emang berlaku disini.. damn, i already miss u kenzo bamboo.. makasi banyak udah ngajarin iqy buat berfikir sederhana, buat ga ngarep macem-macem, buat menjadikan iqy sebagai satu-satunya. Kalo kata Andrea Hirata di novelnya Sang Pemimpi, “pria pendiam sesungguhnya memiliki rasa kasih sayang yang jauh berlebih dibanding pria sok ngatur”, i prove it since i’ve found u, terima kasiiih. Semoga kita ga ngejalanin sesuatu yang sia-sia.

Hohoho,, jadi kaya bikin kata pengantar di skripsi, bagian yang paling gw suka..

Istana 13
19 Desember 2009
 
Copyright 2009 malamcintahujan. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase