Friday, February 11, 2011

DON’T THINK U KNOW EVERYTHINGS ABOUT ME, U DON’T EVEN KNOW ME!!!


“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” ( Q.S. Al Hujurat ayat 12 )

“kebanyakan kesalahan yang dilakukan anak adam adalah karena lidahnya”.(HR.Tabrani).

”Dan barang siapa yang menjaga lidahnya maka Allah akan menutup auratnya”(HR.Tabrani).

Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. (Al-Hujurat : 11).

 

“ Dan ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia”.(AL-Baqarah:83)

 

“Dari Abu Hurairah Radhiyallahu‘anhu sesungguhnya Rasulullah shalallahu’alaihi wa Sallam ? bersabda: “Tahukah kalian apa ghibah itu? Para shahabat berkata: “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.” Kemudian beliau ? bersabda: “Engkau menyebutkan sesuatu yang ada pada saudaramu yang dia membecinya. Ditanyakan (salah seorang dari para sahabat bertanya –pen),”Bagaimana halnya jika apa yang aku katakan itu terdapat pada saudaraku?” Beliau shalallahu’alaihiwasalam menjawab : “Jika yang engkau sebutkan tadi benar-benar ada pada saudaramu sungguh engkau telah berbuat ghibah, sedangkan jika itu tidak benar maka engkau telah membuat kedustaan atasnya.” (HR. Muslim ( 2577 ) dalam Al-Birr wa ash-Shilah wa al-Adaab. Lihat Bulughul Mahram cet. pustaka as-Sunnah 2007 .Hal 734)

“Sesungguhnya termasuk riba yang paling besar (dalam riwayat lain: termasuk dari sebesar besarnya dosa besar) adalah memperpanjang dalam membeberkan aib saudaranya muslim tanpa alasan yang benar.” (HR. Abu Dawud no. 4866-4967)



Tulisan diatas Cuma sebagian kecil dari firman Allah ataupun hadis yang membahas tentang ghibah dan dosanya. Tau rasanya diomongin dibelakang kawan? Gw tw, dan rasanya sakit sekali.. apalagi kebanyakan orang-orang yang berbicara paling banyak tentang lo, adalah orang yang paling sedikit kenal sama lo.

Gw benci sekali diomongin di belakang. Benar-benar benci. Karena itulah gw menjadi orang yang straight to the point, gw selalu omongin apa yang kerasa, gw bertanya langsung ke orangnya, dan tentu saja gw bakal make cara yang baik.

Gw ga bilang gw adalah orang suci yang sama sekali engga pernah ngomongin orang. Tapi karena gw tw pasti sakitnya diomongin dibelakang, apalagi yang diomongin itu keburukan kita, dan diomongin bukan dalam rangka mencari suatu jalan keluar atau hikmah, gw berusaha untuk tidak ngomongin orang. Gw usaha. Kalopun ngerasa ada masalah sama seseorang, gw akan langsung bertanya sama yang bersangkutan, ada apa? Salah gw apa? Dan minta maap kalo memang gw salah. Bukankah jauh lebih menyenangkan seperti itu? Kenapa harus menjelek2an orang lain yang ga lain adalah temen sendiri hanya untuk dapet kepuasan ngomongin orang? Kalo memang ada yang salah dengan dia, baik sikapnya, tabiatnya, tingkah lakunya, bukankah sangat baik kalo lo mengingatkan dia? Nambah pahala, Bukannya malah nambah2in dosa.

"Great minds talk about ideas, average minds talk about events, and small minds talk about people." 
betul tidak? Jadi marii, sama2 jaga lisan kita.. sumpah, diomongin dibelakang itu ga enak kawaaan.. :)
Duhai Allah, bantu iqy ngejaga lisan iqy, ampuni dosa iqy kalo iqy ngomongin orang, astaghfirullah..dan jadikan iqy orang yang pemaaf, yang sabar, yang bisa befikir positif.. Aamiin..


sumber gambar: http://www.google.co.id/imglanding?q=jaga+lidah&hl=

2 comments:

Susy Ella said...

waduh waduuh...siapa sih ni deek...sabar sabar....pak sabar ada di ruang diklat ^_^

@ said...

huh! esmosi nih un! kalo ga inget bakal nambah masalah, udah qy labrak deh.. hehehe..

Post a Comment

 
Copyright 2009 malamcintahujan. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase